Search

Minggu, 25 November 2012

DEPENDENSI

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh....
Dalam bab ini saya akan memberikan penjelasan sekilas apa itu Dependensi. Ini merupakan bagian dari tugas kami Mata Kuliah Sistem Basis Data tentang Dependensi dan Tahapan Normalisasi. Saya adalah kelompok 4 Kelas 3D
Untuk Bab ke II Tahapan Normalisasi sudah saya pos kan pada blog ini yang pertama kali. Bab Dependensi adalah Bab I. Semoga bermanfaat....SELAMAT MEMBACA !!!!

Pengertian DEPENDENSI

  1. Merupakan konsep dasar normalisasi yang menjelaskan hubungan antar atribut, atau lebih khusus menjelaskan nilai suatu atribut yang menentukan nilai atribut lainnya.
  2. Fungsinya menjadi acuan dekomposisi data dalam bentuk yang lebih efisien.
Macam Ketergantungan (Dependency)
  1. Dependensi Fungsional : Jika sebuah tabel T berisi minima 2 buah atribut, yaitu A dan B maka dapat dinyatakan dengan notasi : A->B, dapat diartikan bahwa atribut B bergantung pada atribut A. Maka dapat dijelaskan bahwa B disebut sebagai dependensi (tergantung) sedangkan A disebut sebagai determinan  (penentu). Sebagai contoh sebuah tabel Nilai seperti tampak diatas. NIM -> Nama_MHS : atribut nama_MHS hanya bergantung pada atribut NIM, karena setiap NIM yang sama secara otomatis Nama_MHS juga sama. {Makul, NIM} -> Nilai : atribut Nilai bergantung pda atribut Makul dan NIM secara bersama-sama.
  2. Dependensi Fungsional Penuh, Misal A -> B (Atribut B memiliki dependensi fungsional penuh terhadap A jika, B mempunyai dependensi fungsional A dan B tidak memiliki dependensi terhadap bagian dari A. Seperti tabel Mata_Kuliah
     {Kelas, Kode Makul} -> Dosen : Dosen bergantung pada {Kelas, Kode_Makul}, Kelas -> Dosen : Dosen bergantung pada Kelas atau Dosen tidak mempunyai Deependensi Fungsioal sepenuhnya terhadap {Kelas, Kode Makul} dengan kata lain Dosen hanya mempunyai dependensi penuh terhadap Kelas.....dengan kata lain bahwa dependensi fungsional penuh merupakan dependensi fungsional yang tidak dapat dibagi lagi.
  3. Dependensi Total perhatikan tabel disamping, dapat dinotasikan bahwa Makul -> Kd_Makul yang artinya suatu atribut Kd_Makul mempunyai Dependensi Total terhadap atribut Makul, jika atribut Kd_Makul mempunyai Dependensi Fungsional terhadap atribut Makul, maka atribut Makul mempunyai dependensi fungsional terhadap atribut Kd_Makul
  4. Dependensi Transitif : perhatikan tabel dibawah Dapat dijelaskan bahwa dependensi transitif meliputi : Makul -> {Waktu, Ruang}, Ruang -> Gedung. Maka Makul-> Ruang -> Gedung dapat disimpulkan atribut Gedung memiliki dependensi transitif terhadap atribut Makul.
SEKILAS NORMALISASI DATA
Sebuah rancangan database buruk jika :
  • Data yang sama tersimpan di beberapa tempat (file atau record)
  • Ketidakmampuan untuk menghasilkan informasi
  • Terjadi kehilangan informasi
  • Terjadi adanya redudansi (pengulangan) atau duplikasi data sehingga memboroskan ruang penyimpanan dan menyulitkan saat proses updating data.
  • Timbul adanya null value
ATTRIBUTE
Attribute identik dengan istilah Kolom Data tetapi menunjukkan fungsinya sebagai pembentuk karakteristik (sifa-sifat) yang melekat dalam sebuah tabel. Pada penerapan aturan normalisasi, bisa berdampak pada penghilangan atau penambahan kolom tertentu, atau bahkan dapat membentuk suatu tabel baru.
Jenis-Jenis Atribut :
A. Atribut Key dan Atribut Deskriptif
  • Atribute Key adalah satu atau gabungan dari beberapa atribute yang dapat membedakan semua baris data (Row/Record) dalam tabel secara unik. Dikatakan unik jika pada atribut yang dijadikan key tidak boleh ada baris data dengan nilai yang sama.
  • Attribute Deskriptif adalah atribut-atribut yang tidak menjadi/merupakan primary key. Jadi dalam tabel Mahasiswa yang menjadi atribut deskriptif adalah selain NIM
B. Simple Attribute dan Composite Attribute
  • Atribut Sederhana (Simple Attribute) adalah atribut atomik yang tidak dapat dipilah lagi.
  • Composite Attribute adalah atribut yang masih dapat diuraikan menjadi sub-sub atribut yang masing-masing memiliki makna
C. Single-Valued Attribute dan Multi-Valued Attribute
  • Atribut Nilai Tunggal (Single-Valued Attribute) ditujukan pada atribut-atribut yang memiliki paling banyak satu nilai untuk setiap data.
  • Atribut bernilai ganda/banyak (Multi-Valued Attribute) ditujukan pada atribut-atribut yang memiliki lebih dari satu nilai setiap baris data
D. Mandatory Attribute dan Null Value
  • Persyaratan dalam suatu tabel ada yang mengharuskan suatu atribut memiliki nilai dan ada yang tidak harus bernilai karena memang tidak memiliki nilai atau nilainya belum siap (null value)
E. Derived Attribute
  • Atribut Turunan (Derived Attribute) adalah atribut yang nilainya diperoleh dari pengolahan atau dapat diturunkan dari atribut atau tabel lain yang berhubungan.
  • Atribut turunan sebenarnya dapat ditiadakan dalam suatu tabel, karena nilainya bergantung pada nilai pada atribut lain dalam suatu tabel.

0 komentar:

Posting Komentar